Memaknai Kemungkinan Risiko yang Silih Berganti Datang Dalam Kehidupan Sehari-hari

Memaknai Kemungkinan Risiko yang Silih Berganti Datang Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kamis, 22 Agustus 2019

Apa yang kita bayangkan ketika mendengar kata risiko? Situasi yang tidak enak, tidak nyaman, dan berbagai macam kengerian? Banyak dari kita berpikiran seperti itu, tidak apa karena memang suatu hal yang wajar hingga kita mengenali istilah risiko sebagai bertemunya dengan sesuatu yang buruk dan harus dihindari, ya harus dihindari! Inilah kata kuncinya, kita selalu mencoba menghindari risiko yang kemungkinan akan kita temui.

 

Hidup berdampingan dengan risiko yang bergerak acak alias hidup ini penuh dengan risiko ketidakpastian. Risiko datang silih berganti dalam hidup, bisa jadi kita sudah menyiapkan rencana yang akan dilakukan namun seringkali rencana yang telah matang dibuat berbeda dengan kenyataan yang kita dapat di lapangan alias meleset! Inilah mengapa risiko selalu saja mengintai kita dari kejauhan, kita tidak bisa sepenuhnya mengendalikan masa depan.

 

Akhirnya kita pun sadar bahwa risiko memang tak dapat dipisahkan dari hidup, bagaikan dua sejoli yang saling berdekatan satu sama lain. Sehari-hari kita selalu dihadapkan dengan risiko yang sebagian risiko bisa kita ketahui dan sebagian lainnya tidak kita sadari bisa saja terjadi. Sebagai permisalan, saat kita sedang asik makan bakso di warung yang terletak dipinggir jalan.

 

Risiko yang mengintai kita bermacam-macam jenisnya, bisa saja saat kita sedang menikmati semangkuk bakso lalu tiba-tiba ada kendaraan motor atau mobil yang lepas kendali terjadi kecelakaan hingga menabrak warung bakso atau saat makan sampai tersedak kuah bakso yang pedas. Itu hanya beberapa contoh risiko, bahkan bisa lebih dari itu.

 

Contoh lainnya banyak sekali, kita bisa membuat contoh dari hidup yang kita jalani sendiri. Inilah bukti bahwa ternyata hidup ini tidak bisa lepas dari bermacam risiko, bagai dua sejoli kasmaran yang tak dapat dipisahkan bukan?

 

Bukan berarti kita harus takut hidup, tapi malah berbagai risiko ini membuat hidup kita jadi lebih bersemangat. Hari-hari yang kita lalui jadi bervariasi, selalu berbeda setiap harinya. Senin, selasa, rabu dan seterusnya diwarnai risiko-risiko hingga kesibukanlah yang membuat risiko itu tak lagi tampak terlihat nyata. Akhirnya kita tidak begitu memperdulikan risiko yang mengintai kita, karena sudah setiap hari kita lalui dan jalani dengan selamat.

 

Seolah-olah hari-hari yang kita jalani berjalan begitu saja tanpa ada banyak perubahan risiko,hingga abai terhadap apa yang bisa saja terjadi. Padahal, kita juga tahu bahwa setiap orang yang berjalan mengendari motor dan mobil di jalan selalu berbeda-beda meskipun rutinitas kita di jalan tersebut selalu sama.

 

Tiap menit dan jam orang yang lewat selalu berbeda, belum lagi ditambah dengan berbagai kondisi kesehatan tubuh dan pikiran orang yang juga fluktuatif. Ini membuktikan lagi bahwa risiko tetap mengintai kita sekalipun sudah jadi rutinitas makan bakso diwarung pinggir jalan. Bukan maksud menakut-nakuti ya, ini hanya sedikit gambaran saja. Faktanya memang begitu! Akhirnya kita tetap saja kan makan bakso diwarung itu pada hari dan jam yang berbeda.

 

Selama masih bisa bernafas dan hidup maka risiko pasti ada dan kapan saja bisa datang tanpa ketok pintu dan salam alias tiba-tiba datang tak diundang. Seberapa nyata contohnya? Banyak sekali yang bisa kita temui dengan mudah dari berita mengenai kejadian-kejadian yang tidak kita sadari. Dibawah ini ada contoh yang bisa dilihat agar kita dapat lebih dalam memaknai risiko dalam hidup.

 

-warung ditabrak
-rumah kebakaran
-kecelakaan di jalan tol
-perusahaan terbakar
-gempa bumi merusak rumah
-risiko meninggal muda

 

Tadi itu contoh risiko yang bisa saja terjadi disekitar kita, satu objek bisa memiliki risiko lebih dari satu tentunya. Karena memang apa saja bisa terjadi, dari risiko yang kita sadari dan rencanakan akan terjadi hingga risiko yang tak mampu kita jangkau bahwa itu bisa terjadi.

 

Tentu saja, kita pastilah berharap agar semua itu tidak akan benar-benar terjadi! Sungguh siapa pun tidak akan mau bertemu dengan ketidakpastian risiko seperti itu. Semoga kita tetap dalam limpahan sehat dan kebahagiaan dari-Nya

0 respon21 dilihat


Memuat Komentar