6 Pertanyaan Panduan Sebelum Memutuskan Membeli Asuransi Jiwa

6 Pertanyaan Panduan Sebelum Memutuskan Membeli Asuransi Jiwa

Senin, 16 September 2019

Tidak terlalu sulit untuk membeli asuransi jiwa, khususnya calon nasabah baru yang baru saja datang dan tertarik dengan produk tersebut. Bagian terpenting dari seorang pemula sebelum membeli asuransi jiwa ialah pemahaman mendalam atas kebutuhan dirinya sendiri. Maka itulah, yang sesungguhnya akan menjadi pemandu kita untuk membeli asuransi jiwa.

 

1.    Jawab Pertanyaan, Mengapa Membutuhkan Asuransi?

Tentu kita mau beli asuransi karena memang kita membutuhkannya, tapi bagaimana kita tahu bahwa diri kita butuh asuransi? Ya itu jawabannya hanya kita sendiri yang tahu secara mendalam. Karena pribadi sendiri ya kita sendiri yang benar-benar memahami kebutuhan sesungguhnya. Pemahaman tentang diri sendiri sangat penting dalam asuransi, karena ini yang nantinya akan menjadi kunci dalam memutuskan produk yang akan kita pilih.

 

Bisa jadi kita tahu bahwa kita perlu banyak produk asuransi, namun perlu diingat juga bahwa kita tentu memiliki keterbatasan dana yang harus dikeluarkan. Sehingga penting untuk membuat urutan prioritas kebutuhan, taruh paling atas sebagai kebutuhan yang sangat mendesak dan sangat penting. Satu hal lagi yang penting, jangan mudah terbawa irama agen asuransi yang menawarkan berbagai macam produk, bahkan teman atau saudara kita yang jadi agen.

 

Hee…jangan nggak tegaan, tapi kita nomor satukan dulu kepentingan kita. Beli produk yang memang sangat kita butuhkan perlindungan itu, kalau tidak butuh ya katakan tidak butuh.  Ingat pula bahwa asuransi merupakan cara kita untuk tidak hanya melindungi diri sendiri, melainkan juga untuk melindungi mereka yang kita cintai disekeliling kehidupan kita.

 

2.    Seberapa Besar Kebutuhan Terhadap Asuransi?

Baik itu kebutuhan terhadap diri sendiri maupun terhadap keluarga, harus benar-benar dihitung. Jadi setelah tahu kita dan keluarga butuh apa maka mari hitung seberapa besar kebutuhan itu. Ini harus detail, supaya kita tahu angka sesungguhnya dari tiap perlindungan. Bila kesulitan untuk menghitung besarnya kebutuhan, kita bisa minta bantuan ahli perencana keuangan atau agen asuransi, namun ingat tetap cek dan cek lagi secermat-cermatnya. Bukan iya iya saja begitu di sodorin kertas polis untuk ditandatangani.

 

3.    Produk Apa yang Benar-benar Dibutuhkan?

Perlu pertimbangan berkali-kali untuk memilih suatu produk asuransi, kita harus benar-benar yakin dengan keputusan ini karena dampak yang diakibatkan dari tiap keputusan saat ini akan dipetik nanti esok hari. Sehingga mempertimbangkan berkali-kali dengan berdiskusi dengan keluarga, dengan pakar, dan tanyakan pada kebutuhan diri sendiri.

 

Kata kuncinya adalah kebutuhan yang benar-benar kita butuhkan, lalu dihitung besar nilainya untuk selanjutnya memilih produk. Ingat ya, jangan buru-buru dan perbanyak baca informasi produk dan berdiskusi dengan orang-orang yang faham sebelum yakin untuk membeli suatu produk asuransi.

 

4.    Bagaimana Profil Perusahaan Asuransinya?

Pertimbangan memilih produk juga tidak bisa lepas dari profil perusahaan asuransi yang menjual produk tersebut.  Bisa saja, ada satu produk yang membuat kita tertarik namun penyedia produk tersebut ternyata bermacam-macam perusahaan. Kita bisa memilih produk dengan perusahaan asuransi yang benar-benar kredibel dan tidak memiliki reputasi yang buruk.

 

Sehingga kita perlu membandingkan perusahaan satu dengan perusahaan lainnya, dapatkan informasi sedalam-dalamnya dari yang formal sampai gossip yang beredar di tetangga dan forum-forum internet. Juga jangan mudah termakan promosi dan hox yang disebarkan lawan-lawannya ya. Tetap objektif.

 

5.    Sudah Konsultasi dengan yang Ahli?

Banyak ahli yang bisa kita tanyai satu per satu, kalau memang ada kenalan. Tapi kalau tidak ada kenalan, kita bisa tanyakan di forum seperti kaskus, fanspage pakar di bidang keuangan dan bidang asuransi. Sehingga, kita dapat dengan jelas mengetahui sebenarnya seberapa besar kebutuhan yang sesungguhnya kita perlukan.

 

6.    Sudah Mengerti Istilah-istilah yang Ada di Asuransi?

Bidang asuransi tidak hanya memiliki istilah yang banyak, melainkan juga rumit untuk dipahami. Sehingga sangat penting bagi newbie/pemula yang tertarik suatu produk asuransi untuk terlebih dahulu membaca daftar-daftar istilah dalam asuransi.

 

Baca juga: 6 Langkah Praktis Memilih Asuransi Bagi Calon Nasabah Baru

 

Dapatkan sebanyak mungkin informasi dari berbagai sumber, apalagi sekarang tinggal ketik di google sudah banyak yang menulis. Tapi ingat, cari sumber yang benar-benar kredibel supaya penjelasan definisi istilah asuransi yang didapat memang benar.

0 respon14 dilihat


Memuat Komentar