Tugas dan Pengertian BOD, CEO, CTO, CFO, CMO, COO
nwaitp.org + incimages.com

Tugas dan Pengertian BOD, CEO, CTO, CFO, CMO, COO

Sabtu, 21 Maret 2020

Ada beberapa orang yang punya tanggung jawab didalam sebuah perusahaan, begitu juga di startup. Mereka mempunyai tugas berbeda-beda dan tidak mesti semua posisi yang di tulis di dalam posting ini ada di dalam sebuah perusahaan. Sebab besar kecilnya perusahaan juga sangat berpengaruh pada kompleksitas tugas-tugas yang pada akhirnya membutuhkan orang di posisi tertentu.

 

Mereka itu adalah BOD, CEO, CTO, CFO, CMO, dan COO. Apa saja sih tugas mereka itu? ayo deh kita cari tahu, ini singkat saja kok. Nggak panjang mendetail penjelasannya, nanti dilain kesempatan semoga bisa lebih dalam lagi kenalannya.

 

BOD (Board of Directors)
Kalau di Indonesia lebih dikenal dengan “dewan direksi”, diisi atas persetujuan para pemegang saham perusahaan. Bisa juga mereka disebut sebagai orang yang mewakili pemegang saham untuk mengawasi pekerjaan CEO dkk. Posisi BOD berada di atas CEO, jadi dewan direksi harus diisi orang-orang yang memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan. Tugas BOD yaitu memilih CEO, memberi saran CEO, membantu CEO mengembangkan visi perusahaan, mengesahkan keputusan CEO, dan memastikan perusahaan memenuhi aturan pemerintah.

 

CEO (Chief Executive Officer)
Posisinya yaitu sebagai pemimpin perusahaan, sebagai posisi paling penting dalam perusahaan maka kualitas CEO akan menentukan masa depan perusahaan. Tugasnya seperti merancang visi perusahaan, memotivasi tim, merekrut tim, meramalkan masa depan produk, membuat strategi bisnis, membangun hubungan dengan investor, dan mengatur anggaran perusahaan.

 

CTO (Chief Technology Officer)
Kualitas akhir dari produk akan menjadi kontrol CTO, ia merupakan seorang pemimpin dan juga seorang ahli teknologi. Tugasnya ialah mengupdate perkembangan teknologi lalu mengembangkan untuk digunakan perusahaan, menjadi koordinator pengelolaan pengembangan produk.

 

CFO (Chief Financial Officer)
Laporan pemasukan dana, pengeluaran dana, menggaji karyawan, dan pembagian anggaran menjadi tugas utama CFO. Tugas lainnya seperti membuat strategi mendapatkan dana, membuat keputusan perekutan karyawan, dan membuat dokumen kesehatan keuangan perusahaan dengan CEO. Lebih bisa dipahami bahwa CFO ini tugasnya seputar urusan keuangan, alokasi, kontrol, dan pembagiannya.

 

CMO (Chief Marketing Officer)
Pengembangan strategi pemasaran perusahaan seperti riset pasar, mengelola hubungan dengan masyarakat, dan mengelola imej perusahaan. Mengelola imej atau wajah perusahaan di depan publik juga merupakan tugas dari CMO.

 

COO (Chief Operating Officer)
Mengelola kegiatan internal di dalam perusahaan merupakan tugas COO, juga menghubungkan antara CEO dengan karyawan atau sebaliknya, dan juga mengelola pelaksanaan bidang bisnis inti perusahaan.

 

Cukup, sampai disini dulu ya mengenai bahasan singkat enam posisi penting di startup. Tiap posisi tidak harus dibentuk pada awal pendirian perusahaan, melainkan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.

 

Namun, bagi startup yang baru hidup di awal posisi yang dimiliki biasanya hanya CEO dan CTO. Keduanya saling mengisi, satu memikirkan urusan bisnis dan satu lagi urusan pengembangan teknologi produknya. KLOP deh!

 

Tapi bagaimana kalau perusahaan terus membesar? tentu butuh sumber daya baru yang bisa mengelola tiap pekerjaan baru bukan?

0 respon87 dilihat


Memuat Komentar