Menyimpulkan Definisi dan Pengertian Perusahaan Startup
moneycontrol.com + grants.gov

Menyimpulkan Definisi dan Pengertian Perusahaan Startup

Sabtu, 10 Agustus 2019

Startup itu apa sih? istilah yang mulai saya kenal waktu saya sedang menyusun skripsi sekitar tahun 2012-2013. Ya, walaupun skripsi saya blas sama sekali nggak ada hubungannya dengan startup. Tahun segitu istilah startup belum banyak yang denger, masih sepi belum booming kayak sekarang ini.

 

Memasuki tahun 2019 makin banyak yang tahu, apalagi sampai ada istilah startup "unicorn" yang makin melambung saat muncul di debat calon presiden 2019 beberapa bulan lalu. Meskipun sempat ramai unicorn..unicorn yang onlen-onlen itu, namun banyak yang belum tahu definisi dan pengertian startup itu sendiri.

 

Menurut wikipedia bahasa Indonesia, startup artinya perusahaan rintisan yang belum lama beroperasi. Lebih lanjut lagi wiki menjelaskan bahwa Perusahaan-perusahaan tersebut sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

 

Pengertian startup dari wiki juga sejalan dengan pengertian startup yang saya dapatkan dari buku terbitan KOMPAS dengan judul "Startup, Indonesia! (Inspirasi dan Pelajaran dari Para Pendiri Bisnis Digital)" startup adalah perusahaan baru atau rintisan. Perusahaan ini masih berusia muda dan umumnya masih membutuhkan banyak proses R& D (Research and development) untuk mencari ceruk pasar dan target konsumennya. Startup umumnya memiliki biaya produksi yang rendah, risiko yang tinggi, serta potensi bisnis yang menarik.

 

Saya tidak banyak mencari sumber referensi lagi untuk mendapatkan definisi startup, yaa kalau dicari-cari di internet juga mirip-mirip pengertian startup di atas. Sehingga, dapat saya katakan bahwa:

 

startup adalah perusahaan baru yang belum lama berdiri dengan potensi pertumbuhan yang cepat serta membutuhkan pengembangan untuk mendapatkan pasar yang sesuai dengan model bisnis yang berkelanjutan dan terukur.

 

Jadi, istilah startup bukan diartikan sebagai proses awal saat menghidupkan komputer, melainkan sebuah kata yang berkaitan dengan aktivitas bisnis. Namun, beberapa tahun belakangan ini istilah startup mulai dipahami lebih sempit kalau startup itu yaa harus online buat aplikasi dan buat web. Padahal belum tentu dongg!

 

Startup company atau perusahaan startup tidak hanya bergerak dalam bidang digital saja, jadi tidak mengikat bahwa startup itu harus startup digital. Tapi memang, karena jamannya sekarang lagi gandrung teknologi internet makanya segala yang offline akan dihubungkan dengan jaringan internet supaya dapat diakses dengna jangkauan yang lebih luas lagi.

 

Coba tengok lagi definisi startup, disitu tidak selalu wajib pakai internet dan punya aplikasi. Iya nggak?
 

0 respon86 dilihat


Memuat Komentar