Mengenal Inkubator Bisnis Pencetak Startup
google.com + menabytes.com

Mengenal Inkubator Bisnis Pencetak Startup

Senin, 03 Februari 2020

Inkubator bisnis dapat didefinisikan sebagai lembaga yang menyelenggarakan pembinaan dan pendampingan kepada startup yang dinilai memiliki potensi bisnis untuk dikembangkan menjadi perusahaan mandiri yang menguntungkan.

 

Tidak hanya pembinaan dan pendampingan saja, inkubator juga harus menyediakan fasilitas lain seperti gedung, listrik, internet, dan lingkungan yang mendukung dalam upaya mencapai keberhasilan bisnis startup.

 

Biasanya proses pembinaan yang dilakukan inkubator yang lebih lama dibandingkan program yang diselenggarakan oleh Akselerator Startup.

 

Waktu yang digunakan inkubator rata-rata sekitar enam bulan, sedangkan pada akselerator sekitar tiga bulan. Bedanya lagi, inkubator menerima startup yang baru berbentuk ide maupun yang sudah ada produknya. Sedangkan akselerator hanya menerima yang sudah ada produknya. Jadi, ketahuan kan kenapa inkubator startup butuh waktu lebih lama dalam program yang diselenggarakannya.

 

Tim startup yang mendapat kesempatan bergabung dengan inkubator akan mendapatkan suntikan dana dan tentunya mentoring serta akses ke beberapa orang penting. Kalau ini mirip dengan akselerator kan! sama-sama dapat modal.

 

Dana yang digunakan inkubator untuk menjalankan programnya bisa diperoleh dari: perorangan, perusahaan venture capital, perusahaan besar yang tertarik dengan bisnis startup, atau pemerintah.

 

Ada beberapa inkubator yang sudah beroperasi di Indonesia, misal: indigo inkubator punya Telkom, GEPI, Kolaborasi, Start Surabaya, Skystar Ventures, Inkubator Bisnis Primakara, Binus Startup Accelerator (hmm..ada kata accelerator, tapi pola kerjanya tetap inkubator), dan KLN Play.

 

Ayo…yang berminat mengembangkan ide atau produk yang sudah ada, masukkan saja proposal ke sana…cek aja websitenya, telusuri pola kerjasama dan cara inkubasi yang dilakukan.

 

Cari-cari dulu portofolio startup yang pernah mengikuti program inkubator, nantinya bisa tahu inkubator mana yang bagus dan mana yang lebih bagus lagi.

0 respon46 dilihat


Memuat Komentar