Mengenal Coworking Space yang Dianggap Sebagai Tempat Santuy Ngonlen
cohive.space + jogjadigitalvalley.com

Mengenal Coworking Space yang Dianggap Sebagai Tempat Santuy Ngonlen

Jumat, 13 Maret 2020

Coworking space merupakan istilah yang sering nempel dengan startup, alias “ruang kerja”. Cuma lebih familiar disebut coworking space daripada ruang kerja. Terdengar lebih keren juga kan?

 

Coworking space adalah suatu tempat bagi pekerja dan pengusaha untuk menjalankan kegiatan usahanya. Coworking space juga dapat diartikan sebagai kantor, namun memiliki gaya hidup yang berbeda dengan kantor pada umumnya. Sebab orang yang menggunakan tempat ini tidak selalu bekerja dalam tim yang sama, melainkan ada yang bekerja perorangan.

 

Selain bisa datang kapan saja dan memakai pakaian apa saja. Juga dapat bertemu dengan banyak orang, karena coworking space disediakan sebagai tempat berbagi ruangan. Baik itu untuk perorangan maupun perusahaan.

 

Misalnya freelancer yang datang untuk menyelesaikan pekerjaannya. Namun, tidak hanya individu saja yang bisa memakainya. Sebab ada juga perusahaan yang menyewa tempat disitu untuk digunakan sebagai kantor.

 

Meskipun tidak seperti kantor pada umumnya, tetap saja masih tercium aroma semangat kerja yang kuat ditempat ini. Sebab bukan untuk santai-santuy dan bermain-main. Tapi ini tuh tempat kerja! Jadi ya buat kerja bukan buat ngonlen-ngonlen download film.

 

Coworking space ada yang tersedia gratis seperti milik Telkom semacam Digital Lounge (DILO) dan Digital Valley seperti di Jogja dan Bandung. Ada pula coworking space yang disewakan, jadi kalau mau pakai tempatnya harus bayar dulu dan berlangganan.

 

Perkembangannya perlahan namun pasti, awal-awal memang banyak yang menyediakan gratis. Tapi lama-lama punya coworking space bisa jadi peluang bisnis yang menguntungkan. Tren bekerja yang memudahkan orang untuk menyelesaikan pekerjaannya dari jarak jauh sepertinya bakal makin berkembangan di masa depan.

 

Nah, coworking space yang awalnya dipandang sebagai kumpulan orang-orang santuy yang gila internet ternyata nggak sepnuhnya benar. Bisa dibilang begitu, tapi lebih tepatnya ini tuh tempat kerja yang dibuat asik supaya produktivitas dan efektivitas makin meningkat.

0 respon10 dilihat


Memuat Komentar