Mengenal Akselerator Startup
yourstory.com + menabytes.com

Mengenal Akselerator Startup

Minggu, 02 Februari 2020

Program yang diselenggarakan akselerator biasanya memiliki jangka waktu tertentu. Para founder startup harus bekerja dengan mentor-mentor dalam membangun bisnis.

 

Tujuan akselerator pada umumnya adalah mempercepat membangun bisnis. Misal: sebuah startup dapat membangun bisnisnya setelah dua tahun, namun bila mengikuti program akselerator maka cukup dengan waktu beberapa bulan.

 

Startup yang mengikuti program akselerator akan mendapatkan investasi, akses ke jaringan mentor dan eksekutif startup.

 

Contoh akselerator, yaitu: Y Combinator, Techstars, dan Brandery. Ketiganya merupakan akselerator yang banyak dikenal di dunia. Startup yang pernah mengikuti program ini seperti: Reddit, Scribd, Dropbox, Airbnb, dan 9GAG. Kelima startup tersebut merupakan lulusan Y combinator, bahkan pada tahun 2013 Y Combinator memiliki 153 mentor.

 

Tidak ketinggalan, di Indonesia juga telah berdiri beberapa akselerator yaitu: Jakarta Founder Institute, Ideabox, dan DDB Accelerator. Keberadaaan akselerator belum tersebar rata di Indonesia, masih terpusat pada kota-kota besar terutama Jakarta sebagai ibukota negara.

 

Banyak keuntungan yang didapatkan oleh startup yang bergabung dengan akselerator, namun perlu diingat! untuk bisa bergabung bukanlah hal mudah, melalui seleksi ketat. Bahkan, Drew Houston founder Dropbox dulunya pernah ditolak oleh Y Combinator sebelum akhirnya diterima kembali setelah memperbaiki kekurangannya.

0 respon43 dilihat


Memuat Komentar