Kuliah atau Kerja atau Membuat Startup Sendiri?

Kuliah atau Kerja atau Membuat Startup Sendiri?

Kamis, 22 Agustus 2019

Saya pisahkan dengan kata “atau” yang berarti kita bisa memilih diantara ketiganya. Silakan dipilih mau kuliah dulu atau kerja aja deh atau langsung membuat startup sendiri ya. Pertanyaan seperti ini sering juga jalan muter2 dipikiran saya.

 

Jadi sedikit banyak, dan secara tidak langsung saya nyeritain diri sendiri, hhaa..Sekarang ini, kita (saya dan Anda) masuk pada posisi yang mana antara sedang “kuliah” atau sedang “kerja”? saya tidak menawarkan pilihan ketiga untuk langsung “membuat startup sendiri” ya!

 

Bagi yang sudah bekerja, tentu saya tidak menyarankan Anda untuk langsung keluar dari pekerjaan. Sebab itu terlalu berisiko, saya setuju kalau startup harus dibuat dengan totalitas. Namun, totalitas bukan berarti hanya menggunakan tenaga dan uang saja.

 

Melainkan totalitas dalam membuat strategi yang ampuh untuk membesarkan startup. Bagaimana jadinya kalau Anda totalitas keluar dari pekerjaan dan tidak menerima penghasilan lagi, kemudian membangun startup yang membutuhkan uang untuk dibakar. Dan pada saat itu, Anda juga butuh uang untuk kebutuhan sehari-hari.

 

Kecuali nih ya, kalau tabungan Anda banyak dah cukup untuk hidup Anda dan hidup startup sampai bisa menghasilkan uang. Jadi, saran saya lebih bauk membuat proyek sampingan, membayar orang untuk mengerjakan startup Anda, atau mencari co-founder yang mau kerja bareng. Silakan, dipilih yang mana?

 

Kalau yang kuliah apa pada mau DROP OUT?

Duh, yang lagi kuliah biasanya lebih punya waktu tapi minim dana, hheee…ya biasanya masih nunggu kiriman, hheee.. Mahasiswa ini biasanya masih punya idealisme, ceile kayak aktivis deh, ya aktivis startup!

 

Punya teman-teman yang bisa diajak untuk membuat proyek, tentu gak semua temen. Harus dipilih2 dong, dipilih temen yang benar-benar punya kemampuan tuk gabung jadi co-founder. Dan dan kuliahnya jangan sampe dapet nilai Nasakom (Nasib Satu Koma) hhaa…

 

Biar kalau startupnya sukses nanti, selain keren produknya, orangnya juga keren! Kesimpulannya kayaknya begini bro, baik yang sedang kuliah atau yang sedang kerja tidak perlu meninggalkan kegiatan inti tersebut. melainkan perlu ada kegiatan tambahan “membuat proyek sampingan”. itu kata kuncinya, membuat proyek sampingan. jadi sambil kuliah sambil kerja sambil buat startup.

 

Nah, kalau ada kemungkinan proyek startup yang kita bangun bisa jadi besar barulah kita ambil langkah selanjutnya. Mau DO atau mau keluar kerja? hhaa…Jangan-jangan, kalau bisa harus lulus kuliah dulu yaa…Nah, langkah selanjutnya baru dipikirkan apakah mau nyari pendanaan lewat investor atau mau ikut program inkubasi. Yeah, apa pun kegiatan inti Anda hari ini. Jangan terlalu tergesa-gesa mengambil keputusan

0 respon16 dilihat


Memuat Komentar