Cerita Sukses Startup Bukan Untuk Ditelan Mentah-Mentah

Cerita Sukses Startup Bukan Untuk Ditelan Mentah-Mentah

Kamis, 19 Maret 2020

Kisah-kisah keren yang sering ditulis oleh berbagai media cetak dan online mengenai startup tentu menjadikan kita lebih bersemangat saat membacanya. Hingga darah mendidih dan jantung berdetak kencang ingin cepat-cepat bisa membuat kisah keren juga.

 

Perlu kita ketahui, bahwa cerita-cerita sukses yang ditulis singkat tentu telah dipoleh sedemikian rupa agar enak di dengar. Tidak semua memang! Apalagi kalau sudah jadi film, itu lebih dramatis lagi perjuangannya. Namun, kadangkala cerita yang ditulis itu yang perjuangan sulit lalu jadi manis dan manis.

 

Ada beberapa hal yang tidak ditonjolkan dalam setiap cerita, misal saja bantuan dana besar dari ayah salah seorang founder dengan nilai fantastis. Situasi seperti ini tidak bisa dimiliki setiap startup!

 

Sesuatu yang saya maksudkan ialah untuk tidak menelan mentah-mentah setiap cerita suksesnya startup. Kalau tertarik dengan cerita sebuah startup, maka carilah sebanyak-banyaknya sumber cerita.

 

Cuma baca dari referensi website Bahasa Indonesia saja tidak cukup, baca dari negara asalnya (itu kalau startup luar). Cari sampai ke hal detailnya, adakah kejutan didalamnya?

 

Bisa saja kita jadikan sebuah cerita sukses sebagai pemacu semangat membesarkan startup, saya tidak menampik bahwa setiap cerita memang menarik untuk dibaca.

 

Disana ada romansa indah membesarkan startup, ada uang jutaan dolar bahkan miliaran rupiah yang tiba-tiba datang, ada ratus ribuah hingga jutaan orang yang menggunakan produknya, lalu startupnya jadi besar. Indah bukan!

 

Telusuri bagian cerita yang mampu untuk kita ikuti perjalanannya, misal: perjuangan menulis belasan posting setiap hari hingga banyak pengunjung dan jutaan rupiah iklan ataukah datang dengan ide saja ke inkubator lalu menjelaskan idenya hingga dapat seed funding untuk mengembangkan produk. Kira-kira seperti itulah, cari bagian yang bisa dan mampu untuk kita ikuti.

 

Cerita itu sejarah, kita bisa banyak belajar dari sejarah. Ikuti alur ceritanya yang bisa membawa kesuksesan dan hindari alur cerita yang efeknya kurang baik.

 

Kesalahan-kesalahan yang pernah mereka lalui, maka sedini mungkin harus kita hindari. Masalah-masalah yang tiba-tiba muncul, maka sedini mungkin kita siapkan solusinya.
 

0 respon17 dilihat


Memuat Komentar