Bedakah Pengertian Entrepreneur dan Intrapreneur?

Bedakah Pengertian Entrepreneur dan Intrapreneur?

Selasa, 14 April 2020

Sebuah pertanyaan menarik untuk diajukan: Siapakah yang disebut entrepreneur itu? Jawaban yang akan kita dapat tentunya: dia orang yang sedang berusaha membangun perusahaannya sendiri.

 

Kira-kira begitu kan ya, mereka yang saat ini sedang berupaya untuk mendirikan perusahaan dengan mengerahkan segala daya upaya. Dia jugalah yang memiliki perusahaan itu, sekecil apa pun itu. Tetaplah dia BOS-nya bukan!

 

Istilah entrepeneur secara umum ditujukan bagi siapapun yang sedang berusaha membangun sesuatu dalam lingkungan startup tanpa memandang batasan ukuran, bidang yang dimasuki, dan tahapan yang sedang dilalui. Jelas, semua itu dilihat tanpa sekat! itulah entrepreneur.

 

Definisi entrepreneur di atas terlihat begitu besar, sangat besar sekali. Hampir mencakup semua orang dengan semua bidangnya. Tidak terbatas dimaksudkan bahwa seseorang disebut entrepreneur baik dia memiliki usaha sendiri, maupun mereka yang sedang membangun usaha di dalam perusahaan orang lain. Orang dengan situasi seperti ini disebut sebagai intrapreneur.

 

Pengertian entrepreneur memandang luas bagi siapapun, kita mesti ingat bahwa orang yang berada dalam perusahaan milik orang lain juga memiliki hak untuk dapat disebut sebagai entrepreneur.

 

Biasanya mereka seorang manajer yang sudah banyak makan asam garam juga tentunya, banyak tugas yang harus mereka emban. Misalnya mereka ditugaskan untuk membangun “produk baru”, kemampuan dalam membangun tim otonom tanpa campur tangan birokrasi disertai dengan melahirkan sebuah visi besar yang dicapai bersama dalam satu tim.

 

Intrapreneur bahkan bisa saja memiliki kemampuan untuk meraba masa depan, melihat peluang industri dengan segala risiko yang dihadapi perusahaannya. Orang seperti ini memiliki kesempatan yang menarik untuk ikut menjadi entrepreneur di dalam perusahaan.

 

Mereka memiliki kemampuan yang bisa saja melebihi para pendiri startup di luar sana. Memiliki sumberdaya yang bisa digerakkan kapan saja, baik itu tenaga-tenaga ahli maupun uang yang disiapkan perusahaan dalam jumlah besar.

 

Mereka seolah sama seperti anak muda yang sedang bersusah payah menyisihkan uang sakunya untuk membeli domain hosting dan mengembangkan produk atau layanan yang mereka yakini akan bisa bermanfaat bagi orang lain. Pantas bagi mereka untuk disebut sebagai entrepreneur sekaligus intrapreneur.

0 respon15 dilihat


Memuat Komentar