Tetap Carilah Cara Belajar Bahasa Inggris, Betapapun Keadaannya!
babbel.com + en-ingles.com.ar + svetdimitrov.com

Tetap Carilah Cara Belajar Bahasa Inggris, Betapapun Keadaannya!

Senin, 12 Agustus 2019

Saya masih merasakan belajar bahasa Inggris tidaklah mudah, apalagi kalau mau paket komplit bisa lancar speaking + listening + reading + writing. Gila ya? dituntut semuanya bisa dikuasai hhaa....Bagi saya yang sekolah dari TK SD SMP SMA bersekolah standar di sekolah pada umumnya sama seperti teman-teman lainnya. Bukan sekolah berbasis bahasa asing, bukan sekolah internasional, berteman dengan orang-orang lokal jadi nggak ada orang bulenya dan nggak ada guru bulenya. Dimana sekolah ya sekolah saja, selesai sekolah ya pulang dan tidak ikut les bahasa Inggris. Eh, tapi pernah ikut les waktu SD yaa itupun nggak lama juga. Disitulah perjumpaan saya pertama kali dengan bahasa Inggris yang membuat saya tertarik dan masih ingin bisa menguasainya hingga kini.

 

Akhirnya pada suatu masa, saya merasakan betapa penting kemampuan berbahasa Inggris itu. Terutama bagi orang-orang yang ingin kuliah maupun berkarir dengan posisi bagus dengan gaji yang tinggi di perusahaan, pemerintahan, kampus dan startup. Apapun itu, bahasa Inggris menjadi terasa penting untuk dikuasai. Paling minim itu ya bisa baca dan tau artinya, minim bangetlah. Tapi apa cukup?

Itu semua tergantung dari posisi yang ingin kita capai, kalau mau kuliah ke luar negeri ya harus bin wajib bisa semuanya lah ngomong, nulis, dengerin dan baca ya mesti lancar. Meskipun kuliah di dalam negeri pun kita juga diwajibkan bisa memahami artikel jurnal dari luar negeri, bukan baca lhoo..tapi memahami! Sekedar tau artinya nggak cukup, kudu bisa menafsirkan dan menyimpulkan. Apalagi you mahasiswa, pasti nggak bisa lepas tuh dari yang namanya TOEFL atau IELTS iyaa kan? makan tuh!

 

Begitu juga yang mau kerja, kalau diminta buat laporan dan presentasi ke klien asing juga mesti wajib bin harus bahasa Inggris itu. Duh, apalagi kalau diminta dateng ke acara-acara luar negeri kan juga butuh tuh bisa bahasa Inggris.

 

Yang saya tekankan disini, kita nggak harus kok tinggal diluar supaya bisa lancar. Banyak orang Indonesia yang bisa lancar meskipun nggak belajar sampai ke negeri asing. Yang wajib itu, kita mesti terus belajar misalnya dengan terus baca artikel bahasa Inggris, terus nyanyiin lagu luar atau nonton film-film sambil pake headset misalnya. Lalu nyari teman buat praktik ngomong misalnya ngumpul bareng komunitas ngadaiin speaking club.

 

Itu sekedar saran aja brur, seketika merasakan kalau belajar sendiri berat ya cari temen dong yaa. Dan semisal lagi dateng tuh masa males-malenyaa, inget-inget aja deh niat awal belajar bahasa Inggris mau dipakai buat apa?

Terkhusus kalian yang berasa umurnya masih muda dan punya kesempatan lebih panjang buat nyari pengalaman belajar bahasa Inggris, sebaiknya a deh dimulai tekadnya. Nggak perlu nunggu nanti-nanti kalau dah luluslah, dah kelas ini lah dah semester sekianlah. Ahh...dah kelamaan tuh. Nggak mesti berbayar kan ya belajar, sekarang itu cara belajar bahasa Inggris makin mudah.

 

Ada youtube dan macam-macam aplikasi yang bisa di download baik lewat laptop maupun lewat hp. Atau bisa pakai buku-buku yang ada di perpustakaan sekolah, perpustakaan kampus ataupun perpustakaan daerah di kabupaten/kota kita tinggal. Apapun keadaannya saat ini, tekad bulat belajar bahasa Inggris tak boleh luntur dan hilang! yang bernilai dan akan kita kangenin itu waktu kita berproses dalam perjuangan dan nanti saat kemampuan itu sudah kita kuasai!

0 respon32 dilihat


Memuat Komentar