Garis Besar Pengelompokan Jenis-jenis Pronoun atau Kata Ganti Bahasa Inggris
shutterstock.com + bipol.co

Garis Besar Pengelompokan Jenis-jenis Pronoun atau Kata Ganti Bahasa Inggris

Senin, 02 September 2019

Pronoun adalah kata yang digunakan sebagai pengganti noun (kata benda) dan merujuk pada kata benda yang telah disebutkan sebelumnya. Terkait dengan noun sudah saya tuliskan pada artikel Garis Besar Pengelompokan Jenis-jenis Noun atau Kata Benda Bahasa Inggris. Uraian lebih lanjut mengenai pembagian sepuluh kelompok besar kata ganti yaitu sebagai berikut.

 

Kelompok Personal Pronoun

Personal pronoun adalah kata ganti orang atau benda yang menempati posisi subject atau object.
-Pronoun Subject adalah kata ganti yang menjadi subject dalam kalimat, seperti: I, you, they, we, she, he, it. Contoh: Deni did'not go out last night. He stayed at home. Pada kalimat pertama disebutkan nama "Deni", namun pada kalimat kedua nama "Deni" diganti menjadi "He". Pergantian kata inilah yang disebut pronoun subject, karena "He" menjadi subjek dalam kalimat.
-Pronoun Object adalah kata ganti yang menjadi objek dalam kalimat, seperti: Me, you, them, us, her him, it. Kelompok ini terbagi lagi menjadi:
--Object of Transitive Verb, contoh: Deni likes them.
--Object of Preposition, contoh: Look at them!

 

Kelompok Possessive Pronoun
Possesive pronoun adalah kata ganti yang menunjukkan kepemilikan yang berasal dari personal pronoun, dimana dapat berfungsi sebagai: subject, object, dan as complement. Contoh: This is your book -> THis book is yours; Deni is my friend -> Deni is a friend of mine.

 

Kelompok Reflexive Pronoun
Reflexive pronoun adalah kata ganti yang memiliki makna sendiri (an), contoh: they love themselves; Deni goes to school by himself.

 

Kelompok Reciprocal Pronoun
Reciprocal pronoun adalah kata ganti yang menunjukkan hubungan saling berinteraksi, dimana each other bermakna "saling" yang digunakan untuk dua orang/benda dan one another bermakna "saling" yang digunakan untuk lebih dari dua orang/benda. Contoh: Deni and Yanto kept looking at each other and smiling.

 

Kelompok Demonstrative Pronoun
Demonstrative pronoun adalah kata ganti penunjuk.
Makna "dekat" -> This (singular) dan These (plural)
Makna "jauh" -> That (singular) dan Those (plural)
Contoh: that is your hat; these are my friends.

 

Kelompok Relative Pronoun
Relative pronoun adalah kata ganti yang mengacu pada noun yang berada sebelum realative pronoun atau relative clause (adjective clause) atau dapat diartikan sebagai kata ganti yang mengawali adjective clause/relative clause.
-who/whom mengacu pada orang (person)
-which mengacu pada benda (thing)
-that mengacu pada orang (person) atau benda (thing)
Contoh: It's a book which will interest children of all ages.

 

Kelompok Indefinite Pronoun
Indefinite pronoun adalah kata ganti yang digunakan untuk menggantikan orang (person) atau benda (thing) dan quantity yang belum jelas. Contoh: someone wants to speak to you on the phone.

 

Kelompok Interrogative Pronoun
Interrogative pronoun adalah kata tanya yang digunakan sebagai pronoun, yaitu: who, whom, what, dan which. Contoh: Who are you?; What is your name?; Which is your book?

 

Kelompok Pronoun Lain
Pronoun lain adalah kata ganti diluar delapan pronoun di atas, yaitu: others, the other, the others, dan another. Contoh: other students are from Ukraina; the other is yours; the others are yours.

 

Expletive
Expletive adalah kata lontaran yang tidak bermakna alias kosong, contoh: there is nobody here = nobody is here; it's gloomy here.


Selain kata ganti/pronoun masih ada lho kelas kata yang lain seperti verb, noun, adjective, adverb, conjunction, preposition dan interjection pada artikel 8 Parts of Speech Kelas Kata Bahasa Inggris. Dan apabila teman-teman menemukan uraian yang kurang jelas dari artikel ini yuk kita diskusikan lewat komentar di bawah ini.

0 respon110 dilihat


Memuat Komentar