Garis Besar Pengelompokan Jenis-jenis Noun atau Kata Benda Bahasa Inggris
businessinsider.com + proprofs.com

Garis Besar Pengelompokan Jenis-jenis Noun atau Kata Benda Bahasa Inggris

Kamis, 29 Agustus 2019

Kata benda adalah kata digunakan untuk menamai seseorang, benda, tempat, peristiwa atau kualitas. Ada tiga kelompok besar pengklasifikasian kata benda bahasa Inggris, yaitu dikelompokkan berdasarkan wujud, jumlah dan jenis kelamin. Uraian lebih lanjut mengenai ketiga kelompok besar kata benda tersebut yaitu sebagai berikut.

 

Kelompok Noun Berdasarkan Wujud

Pengelompokan noun berdasarkan wujud terkait dengan dapat tidaknya dirasakan oleh lima indera manusia, seperti: penglihatan (mata), pengecap (lidah), pembau (hidung), pendengar (telinga) dan peraba (kulit). Kelompok ini mencakup concrete noun dan abstract noun dengan uraian sebagai berikut.
-Concrete Noun adalah kata benda yang berwujud sehingga dapat dirasakan oleh indera manusia, kata benda ini terbagi dalam empat kelompok yaitu:

  • Common Noun adalah kata benda yang umumnya kita jumpai di kehidupan sehari-hari, contohnya: book, table, printer, hat, school.
  • Proper Noun adalah kata benda yang digunakan untuk menamai seseorang, suku, bangsa, agama, geografis dan hari. Contohnya: Indonesian, Islam, Saturday, Ocean, John.
  • Material Noun adalah kata benda yang digunakan untuk menamai bahan dasar untuk membuat sesuatu, contohnya: wood, gold, water, sand, sugar.
  • Collective Noun adalah kata benda yang menunjukkan suatu kumpulan tertentu, contohnya: committee, team, group, family, congress.

-Abstract Noun adalah kata kerja yang tidak dapat dirasakan oleh lima indera manusia, contohnya: love, confidence, hope, freedom.

 

Kelompok Noun Berdasarkan Jumlah

Pengelompokan noun berdasarkan jumlah terkait dengan dapat tidaknya sebuah benda dihitung jumlahnya.
-Countable Noun adalah kata benda yang dapat dihitung jumlahnya, baik itu tunggal (singular) maupun jamak (plural). Contohnya: book - books, child - children.

-Uncountable Noun adalah kata benda yang tidak dapat dihitung jumlahnya, contohnya: rice, english, oxygen, soccer, milk.

-Mixed Noun adalah kata benda yang dapat berfungsi sebagai countable dan uncountable noun tergantung dari konteks kalimatnya. Contohnya: paper, iron, hair, glass.


Kelompok Noun Berdasarkan Jenis Kelamin (Gender)

Pengelompokan noun berdasarkan gender terkait dengan identitas personal seseorang yang meliputi feminine, masculine, common dan neuter.
-Feminine Gender adalah kata benda untuk jenis kelamin wanita atau betina, contohnya: daughter, wife, mare, hen.
-Masculine Gender adalah kata benda untuk jenis kelamin laki-laki atau jantan, contohnya: son, husband, dog, cock.
-Commong Gender adalah kata benda untuk jenis kelamin umum, contohnya: cat, cattle, child, spouse, deer.
-Neuter Gender adalah kata benda untuk jenis kelamin netral, contohnya: money, table, windows, bread, mosque.

 

Selain kata benda/noun masih ada lho kelas kata yang lain seperti verb, pronoun, adjective, adverb, conjunction, preposition dan interjection pada artikel 8 Parts of Speech Kelas Kata Bahasa Inggris. Dan apabila teman-teman menemukan uraian yang kurang jelas dari artikel ini yuk kita diskusikan lewat komentar di bawah ini.

0 respon28 dilihat


Memuat Komentar