8 Parts of Speech Kelas Kata Bahasa Inggris
digitaldefynd.com + superuser.com

8 Parts of Speech Kelas Kata Bahasa Inggris

Minggu, 25 Agustus 2019

Kata, frase, klausa dan kalimat saling terhubung satu sama lain sehingga penting untuk memastikan bahwa penempatannya sesuai dengan aturan tata bahasa (grammar) yang sudah saya tulis pada artikel struktur gramatikal komponen bahasa Inggris.

 

Parts of Speech atau kelas kata atau word classes adalah pengklasifikasian kata-kata sesuai dengan fungsinya untuk menunjukkan bahwa setiap kata memiliki tugasnya sendiri-sendiri saat dirangkaikan dalam suatu frase, klausa maupun kalimat.

 

1. Kata Kerja

Kata kerja (verb) adalah kata yang menggambarkan aktivitas, tindakan, kondisi atau pengalaman yang menunjukkan suatu keadaan tertentu. Penjelasan lebih detail silakan baca artikel Garis Besar Pengelompokkan Jenis-jenis Verb atau Kata Kerja Bahasa Inggris. Contoh: swim, study, love, watch.

 

2. Kata Benda
Kata benda (noun) adalah kata yang digunakan untuk menamai seseorang, benda, tempat, peristiwa atau kualitas. Penjelasan lebih detail silakan baca artikel Garis Besar Pengelompokan Jenis-jenis Noun atau Kata Benda Bahasa Inggris. Contoh: chair, david, book, shirt.

 

3. Kata ganti (pronoun)

Pronoun adalah kata yang digunakan sebagai pengganti noun (kata benda) dan merujuk pada kata benda yang telah disebutkan sebelumnya. Penjelasan lebih detail silakan baca artikel Garis Besar Pengelompokan Jenis-jenis Pronoun atau Kata Ganti Bahasa Inggris. Contoh: I, you, they, we, someone, he, it.

 

4. Kata sifat (adjective)
Adjective adalah kata yang digunakan untuk menjelaskan atau menggambarkan kata benda, kata ganti dan membatasi makna kata benda dan kata ganti. Penjelasan lebih detail silakan baca artikel Garis Besar Pengelompokan Jenis-jenis Adjective atau Kata Sifat Bahasa Inggris. Contoh: smart, old, black, handsome.

 

5. Kata keterangan (adverb)
Adverb adalah kata keterangan yang digunakan untuk menjelaskan atau menggambarkan kata kerja (verb),  kata sifat (adjective), kata keterangan lain (adverb), dan kalimat (sentence). Penjelasan lebih detail silakan baca artikel Garis Besar Pengelompokan Jenis-jenis Adverb atau Kata Keterangan Bahasa Inggris. Contoh: here, there, tomorrow, usually.

 

6. Kata depan (preposition)
Contoh: for, with, by, at.

 

7. Kata sambung (conjuction)
Contoh: because, and, but, since, before.

 

8. Kata seru (interjection)

Interjection adalah kata yang ditambahkan ke dalam kalimat untuk memberikan gambaran emosi atau perasaan. Penjelasan lebih detail bisa dibaca pada artikel Garis Besar Pengelompokan Jenis Interjection atau Kata Seru Bahasa Inggris. Contoh: wow!, sst!, hush!.

 

Artikel ini sebatas menyampaikan pengklasifikasian seluruh bagian yang ada pada parts of speech. Kemudian, delapan kelas kata tersebut akan dijelaskan lebih rinci lagi pada artikel-artikel selanjutnya.

0 respon51 dilihat


Memuat Komentar