Posisi Metode Statistika dalam Bidang Pendidikan
tvm.com.mt + 3blmedia.com

Posisi Metode Statistika dalam Bidang Pendidikan

Rabu, 11 September 2019

Mahasiswa di program studi pendidikan tentu sudah sering mendengar mata kuliah metode statistika pendidikan, kayaknya memang hampir semua prodi ada matkul metode statistika. Cuma kadang ditambah kata belakangnya menyesuaikan program studi atau rumpun ilmunya.

 

Ini penting saya ingatkan, supaya kita punya pemahaman yang selaras mengenai artikel ini. Sehingga penting untuk membaca dasar-dasarnya terlebih dahulu dan sebelum kejauhan ada baiknya saya mengingatkan untuk membaca dulu artikel tentang Pengertian Ilmu Statistik dan Tuntutan Masa Kini Terhadap Pemahaman Data

 

Ada metode statistika pendidikan, ada juga metode statistika pendidikan ekonomi, ada juga metode statisika pendidikan fisika. Kita bisa memahami seperti ini:

 

ada ilmu namanya metode statistika yang kemudian teknik dan cara-cara interpretasinya terhadap data kuantitatif diadopsi pada kelompok ilmu tertentu.

Lalu, kelompok ilmu tertentu ini beda-beda juga namanya. Misalnya: pendidikan, politik, sosial, ekonomi, bahasa dan lain sebagainya. Jadilah muncul istilah metode statistika pendidikan, metode statistika ilmu sosial, dan lain sebagainya. Kayaknya bisa deh kita sebut ini sebagai perkawinan antar ilmu pengetahuan, gimana? HHee... Ya memang begini kan cara ilmu berkembang, saling topang menopang demi kesejahteraan umat manusia.

 

Nggak usah bingung ya kalau saya pakai istilah beda-beda, "bidang" "rumpun ilmu" "program studi" "prodi" "kelompok ilmu". Hanya istilahnya saja yang beda, sebenarnya yang saya maksud itu pengelompokan disiplin ilmu sesuai dengan ketentuan yang sudah disepakati.

 

Dalam bidang pendidikan, yang jadi perhatian itu kan tingkah lakunya. Jadi, yang diperlukan juga ilmu yang mengkaji tingkah laku (behavioral sciences). Ilmu ini dasarnya itu penelitian eksperimen, yang kemudian dikenal menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Itu masih nanti yaa, ini kan baru intro dulu buat dasar-dasarnya.

 

Beberapa pengetahuan yang mestinya dipahami sebelum mengeksplor lebih jauh lagi seputar metode penelitian, diantaranya:

 

- Teori matematika dasar yang nanti akan digunakan untuk menghitung data dengan rumus-rumus milik metode penelitian. Bagian ini hanya membutuhkan pengetahuan setingkat sekolah menengah pertama (SMP). Saya yakin kalau bagian ini, sudah diluar kepala mahasiswa deh!

 

- Menggunakan komputer untuk menggantikan penghitungan manual, ini juga bagian yang nggak perlu dikhawatirkan sebab ngitungnya selain pakai excel juga pakai software yang mahasiswa tinggal pencet saja sesuai instruksi. Hasilnya pun bisa langsung cepat tampil, cling...dan hasil outputnya tinggal dipahami lalu disimpulkan. Nggak rumit, nggak rumit, simpel to?

 

- Perhatikan rumus dan teknik yang dipakai, pemilihan metode statistika harus menyesuaikan dengan tujuan penelitian, data penelitian, dan hasil akhir yang diinginkan. Nah, di bagian ini yang bakal jadi banyak dibahas di artikel-artikel selanjutnya.

 

Tiga ini yang harus jadi fokus mahasiswa kalau mau belajar metode statistika, poin pertama dan kedua anggaplah sudah lancar. Artinya tinggal poin ketiga yang mesti jadi fokus utamanya. Tuh, gampang kan belajar metode statistika. Dari tiga syarat, udah punya dua. Tinggal satu lagi yang dibutuhin, sambil baca artikel di blog ini ayuk kita penuhi satu lagi syaratnya.

 

Yang sudah selesai bacara artikel ini dan ingin memperdalam lagi pembahasannya, silakan dilanjut membaca tentang Pengertian Populasi, Sampel, dan Karakteristiknya

0 respon31 dilihat


Memuat Komentar