Pengertian Populasi, Sampel, dan Karakteristiknya
healthitanalytics.com + vectorstock.com

Pengertian Populasi, Sampel, dan Karakteristiknya

Senin, 06 Januari 2020

Populasi dan sampel didefinisikan berbeda-beda oleh para ahli, begitu juga dengan jenis-jenisnya. Para ahli membagi-bagi populasi dan sampel dalam berbagai istilah berbeda. Ada yang mengkategorikan populasi menjadi populasi target dan populasi tersedia, namun ada juga ahli lain yang membagi menjadi populasi orang dan populasi data.

 

Sebelum membaca lebih jauh lagi, ini saya mau kasih tau kalau pembahasan artikel-artikel selanjutnya lebih cenderung ke ranah pendidikan, untuk itu sebaiknya membaca dulu tentang Posisi Metode Statistika dalam Bidang Pendidikan

 

Ada pula yang membagi menjadi populasi terhingga dan tak tak perhingga. Ini dari tiga buku saja sudah beda-beda, bagaimana kalau membuka buku lainnya. Pastilah akan kita jumpai definisi lain, sebab apa? sebab para penulisnya mendefinisikan populasi dan sampel menyesuaikan dengan pengalaman dan kebutuhan penelitian yang pernah mereka lalui.

 

Jadi, wajar saja kalau ada banyak definisi bertebaran di berbagai macam buku dan artikel. Pilih saja mana yang paling cocok dengan penelitian kita. Dah gitu aja!

 

Meskipun begitu, bila dibandingkan satu per satu antar definisi maka akan kita jumpai benang merahnya. "Benang Merah" artinya ada kesamaan atau titik temu pada tiap-tiap definisi.

 

Misalnya:

  • Populasi adalah keseluruhan objek atau individu yang berkaitan dengan kesimpulan yang dibuat melalui pengambilan sampel.
  • Populasi adalah keseluruhan pengamatan atau objek yang menjadi perhatian.
  • Sampel adalah bagian dari populasi yang menjadi perhatian.
  • Sampel adalah sejumlah responden darimana data penelitian diperoleh.

 

Lalu bagaimana dengan benang merahnya? Kita bisa tahu kalau populasi adalah keseluruhan objek penelitian, sedangkan sampel adalah sebagian objek yang diambil dari populasi. Kira-kira seperti gambar di bawah ini.

Selesai sudah definisi, sekarang kita bahas karakteristiknya. Maksudnya gimana? Jadi, populasi dan sampel itu punya karakteristik yang berbeda. Karakteristik adalah ciri-ciri yang dapat diukur atau dihitung. Tabel lengkapnya ada di bawah ini:

 

Populasi memiliki karakteristik yang disebut "Parameter" terdiri dari: mean/rata-rata, standar deviasi, dan koefisien korelasi.

Sampel mempunyai karakteristik yang disebut "Statistik" terdiri dari: mean/rata-rata, standar deviasi, dan koefisien korelasi.

 

Parameter dan Statistik terlihat sama dengan adanya mean, standar deviasi, dan koefisien korelasi. Eh, jangan salah lho yaa! Meskipun sama tapi keduanya punya simbol berbeda. Salah tulis simbol, fatal lho! hati-hati... Kalau sudah selesai membaca artikel ini dan belum cape silakan dilanjut baca artikel selanjutnya tentang Pengertian Parameter, Statistik, Galat, dan Distribusi Sampling

 

Misal mau ada yang ditanyakan jangan malu-malu langsung saja tulis di kolom komentar di bawah ini, cuma kolomnya kelihatan kalau sudah login.

0 respon118 dilihat


Memuat Komentar