Pengertian Parameter, Statistik, Galat, dan Distribusi Sampling
statisticsviews.com + thepublicationplan.com

Pengertian Parameter, Statistik, Galat, dan Distribusi Sampling

Selasa, 07 Januari 2020

Ada beberapa istilah yang digunakan dalam statistika, sehingga sangat penting bagi siapapun untuk mengetahui maksud dari istilah-istilah tersebut. Mengingat bila salah menggunakan simbol dan istilah maka maksud yang akan disampaikan pun menjadi tidak bisa dipahami oleh orang lain.

 

Istilah-istilah yang ada saat ini sudah menjadi kesepakatan umum para ilmuan dan kita tinggal pakai saja, tinggal pahami saja pengertiannya, dan bagaimana penggunaannya. Saat ini baru empat istilah dasar yang, yaitu: parameter, statistik, galat, dan distribusi sampling.

 

Sebelum membaca artikel ini, saya harapkan anda sudah membaca artikel sebelumnya mengenai: Pengertian Populasi, Sampel, dan Karakteristiknya

 

Pengertian Parameter
Parameter adalah istilah yang mendeskripsikan besaran yang berkaitan dengan populasi, seperti: mean (rata-rata), standar deviasi (simpangan baku), dan koefisien korelasi. Ketiga besaran ini akan selalu menjadi pembahasan bila membicarakan populasi. Dan perlu diingat bahwa besaran parameter dalam penelitian tidak pernah diketahui nilainya, sehingga perlu dihipotesiskan dan diuji berdasarkan data sampel.

 

Pengertian Statistik
Statistik adalah istilah yang mendeskripsikan besaran yang berkaitan dengan sampel, seperti: mean (rata-rata), standar deviasi (simpangan baku), dan koefisien korelasi. Jangan bingung, kok sama dengan punya "Parameter". Ya, memang sama tapi punya simbol yang berbeda antara besaran yang ada di populasi dan sampel. Kalau besaran di populasi tadi kan tidak bisa diketahui nilainya, nah kalau besaran di sampel nilainya selalu diketahui dalam penelitian.

 

Berikut ini gambar perbedaan penulisan simbol besaran pada parameter dan statistik.

 

Pengertian Galat
Galat adalah kesalahan/error penyampelan statistik dari parameter yang dideskripsikan dalam bentuk deviasi standar. Hal tersebut dapat dilihat secara sederhanda dalam konsep pengukuran klasik, dimana terdapat rumus: E = X - T. Diketahui bahwa:

  • E adalah error atau kesalahan pengukuran
  • X adalah nilai yang diukur atau statistik
  • T adalah nilai sebenarnya atau parameter.

 

Pengertian Distribusi Sampling
Distribusi sampling adalah model distribusi yang digunakan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan pengujian hipotesis.

 

Saya kira sampai disini dulu pembahasan mengenai empat istilah dasar dalam statistika, nanti pada artikel selanjutnya semoga bisa saya tuliskan lebih detail lagi pembahasannya.

0 respon3790 dilihat


Memuat Komentar