Pengertian Ilmu Statistik dan Tuntutan Masa Kini Terhadap Pemahaman Data
themuse.com + statisticaid.net

Pengertian Ilmu Statistik dan Tuntutan Masa Kini Terhadap Pemahaman Data

Senin, 02 September 2019

Ilmu statistik adalah pengetahuan yang mempelajari dan mengungkap sesuatu berkaitan dengan angka-angka [1]. Pengetahuan tersebut seringkali dipahami sebagai kumpulan teori dan metode yang dapat digunakan untuk memahami data [2], namun seharusnya dapat dipahami lebih dalam lagi sebagai pengetahuan yang digunakan untuk menggali pertanyaan "bagaimana keadaan yang sebenarnya?"

 

Sebelumnya saya nulis satu artikel opini, ntah yang sekarang jadi mahasiswa setuju atau nggak sama artikel saya yang membahas kalau Metode Penelitian Bagai Udara yang Mesti Dihirup Mahasiswa, Ntah Apapun Prodinya

 

Akhirnya dapat diambil kesimpulan dari berbagai pandangan di atas bahwa ilmu statistik mengkaji tentang cara yang efektif untuk meringkas dan mengkomunikasikan sejumlah informasi yang diperoleh pada suatu situasi tertentu.

 

Namun, perkembangan pengetahuan yang kian pesat mendorong tuntutan baru terhadap ilmu statistik. Ada dorongan bagi orang-orang untuk mendapatkan informasi lebih detail lagi dari fenomena yang dijumpai dengan mengungkap data yang dimiliki, sudut pandang seperti ini akan memunculkan istilah statistik deskriptif.

 

Tuntutan ini kian lama makin mengerucut dan melahirkan adanya pemahaman tersirat terhadap data, itulah manusia yang tidak akan puas atas pencapaiannya. Tapi ada baiknya juga, sebab dengan ketidakpuasaan tersebut akan memacu manusia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan lebih cepat lagi.

 

Kemudian muncullah statistik inferensial yang digunakan peneliti untuk mendapatkan pemahaman tersirat dalam membuat pernyataan tentang populasi berdasarkan data sampel yang dimiliki.

 

Berbagai tuntutan tersebut akhirnya melahirkan bermacam-macam pengetahuan baru yang hingga saat ini masih terus digunakan. Lahirnya kebaruan tersebut memberikan kemudahan bagi peneliti untuk menjelaskan kebenaran yang tersembunyi dibalik data. Bukan hanya peneliti di bidang ilmu statistik, melainkan telah menyebar ke berbagai bidang lain seperti pertanian, kesehatan, psikologi dan pendidikan.

 

Gitu dulu ya artikel singkat malam ini yang ditulis sambil digigitan nyamuk Hhee..Hhe.. Kalau ada pandangan lain, mari kita diskusikan lewat kotak komentar di bawah artikel ini. Yupps dan kalau masih ada waktu dicoba deh diperdalam lagi dengan baca artikel tentang Posisi Metode Statistika dalam Bidang Pendidikan


[1] Blommers, P.J. & Forsyth, R.A. (1979). Elementary Statistical Methods in Psychology and Education. Boston: Houghton Mifflin Company.
[2] Hinkle, D.E., Wiersman, W., & Jurs, S.G. (1979). Applied Statistics For The Behavioral Sciences. Boston: Houghton Mifflin Company.

0 respon65 dilihat


Memuat Komentar