Pengertian, Fungsi, dan Contoh Skala Nominal
liputan6.com + beattheroom.com

Pengertian, Fungsi, dan Contoh Skala Nominal

Kamis, 09 Januari 2020

Ketika membahas skala nominal maka tidak lepas dari keterlibatan angka nominal yang ada di dalamnya. Kata "nominal" asalnya dari bahasa lain yang artinya "nama". Sehingga dapat diartikan bahwa penggunaan angka nominal dimaksudkan sebagai identitas atau penamaan.

 

Sebelum membaca lebih jauh, ada baiknya baca dulu artikel mengenai Pengertian Singkat 4 Jenis Skala Pengukuran Penelitian

 

Angka-angka tersebut tidak berasal dari hasil pengukuran melainkan berasal dari "pemberian", diberikan kepada suatu objek sebagai pembeda. Dan pemberian ini tidak menyebabkan satu objek lebih baik dibanding objek lainnya. Cuma nama aja!

 

Pengertian Skala Nominal
Sedikit uraian di atas memberikan beberapa penjelasan terkait pengertian skala nominal, diataranya sebagai berikut.
- Skala nominal adalah skala yang memiliki ciri untuk membedakan atau mengkategorisasi antara objek yang satu dengan objek yang lain.
- Skala nominal adalah angka yang digunakan sebagai identifikasi dalam membedakan antara satu objek dengan objek lainnya.


Contoh Skala Nominal
Ingat, skala nominal artinya nama dan bebas diberikan kepada siapapun tanpa ada pengukuran. Jadi kita bebas memberikan penamaan pada suatu objek seperti contoh di bawah ini.


- Nomor punggung pemain bola klub barcelona, seperti: suarez dengan nomor 9, messi nomor 10, dan neymar nomor 11. Pemberian nomor ini dimaksudkan untuk membedakan pemain satu dengan pemain lainnya dan bukan untuk menunjukkan bahwa pemain satu lebih hebat daripada pemain lain.


- Contoh lain misalnya nomor rumah di suatu komplek perumahan yang diberikan untuk membedakan antara rumah yang satu dengan rumah lainnya. Apalagi di kompleks itu bentuk rumahnya sama, tentu akan membingungkan kalau tidak ada nomor rumahnya. Seperti nomor rumah: 221B Baker Street punyanya Sherlock Holmes si detektif dari inggris.


- Penomoran jenis kelamin, jika pria = 1 dan wanita = 2 atau sebaliknya dimaksudkan untuk membedakan jenis kelamin antara orang yang satu dengan orang yang lain.

 

Fungsi Skala Nominal
Berdasarkan pengertian dan contoh skala nominal di atas maka dapat diketahui bahwa skala nominal memiliki dua fungsi penting, yaitu sebagai berikut.

 

- Fungsi Identifikasi
Fungsi identifikasi adalah pemberian nama atau label kuantitatif yang dimaksudkan untuk membedakan objek satu dengan objek lainnya. Sebagai contoh seperti pemberian nomor punggung pemain bola, namun digunakan untuk mengenali nama pemain bola. Oh, yang membawa bola nomor 10 artinya itu messi atau yang menendang bola nomor 11, oh itu neymar. Perbedaan angka bukan menunjukkan yang satu lebih unggul daripada yang lain. Perbedaan tersebut juga tidak mempunyai makna kuantitatif dan kualitatif.

 

- Fungsi Kategorisasi
Fungsi Kategorisasi adalah angka-angka yang diberikan sebagai label objek dimaksudkan untuk menempatkan objek dengan ciri yang sama kedalam kelompok yang sama. Seperti contoh pemberian angka 1 untuk pria dan 2 untuk wanita. Dengan begitu, ketika membaca data jenis kelamin akan diketahui bahwa seseorang dengan angka 1 adalah pria dan angka 2 adalah seorang wanita.

 

Skala nominal hanya pelabelan individu, sehingga angka-angka tersebut tidak dapat dikenai operasi hitung. Begitu juga dengan angka 0 (nol) yang tidak punya makna mutlak seperti angka-angka lainnya. Sehingga objek yang dilabeli dengan angka nol tidak dapat dimaknai sebagai tidak ada.

 

Kalau jenis skala ini dirasa masih kurang sesuai, coba tengok ke jenis skala ordinal yang punya kemampuan lebih banyak dibandingkan skala nominal. Saya sudah tuliskan di artikel Pengertian dan Contoh Penggunaan Skala Ordinal

0 respon290 dilihat


Memuat Komentar