Metode Penelitian Bagai Udara yang Mesti Dihirup Mahasiswa, Ntah Apapun Prodinya
motivasinews.com + toggl.com

Metode Penelitian Bagai Udara yang Mesti Dihirup Mahasiswa, Ntah Apapun Prodinya

Kamis, 29 Agustus 2019

Metodologi penelitian yang terkenal di kalangan mahasiswa dengan sebutan metopen atau metolit merupakan matakuliah wajib yang hampir semua mahasiswa pernah ikut kelasnya. Yup, apapun program studinya mesti tuh ngambil ini matkul. Bukan cuma yang eksak aja, yang non eksak pun ada kok ini matkul di daftar KRS.

 

Apapun prodinya, metopen kuliahnya! Hhhe...kok sepertinya penting banged sih matkul satu ini bahkan hampir semua prodi mesti nyicip meskipun sekali dua kali masuk kelasnya. Duh, mana banyak itung-itungannya! Ahh...maless deh

 

Hooo, kira-kira begitu kali ya respon mahasiswa yang ambil matkul ini. Tapi sih saya yakin nggak semua, cuma mayoritas hhaa...Tenang-tenang, saya pun pernah kok ngerasain seperti ini. Nggak cuma ngitung, tapi juga rumus ini itu mesti dihafal dan dipahami.

 

Beda halnya deh kalau memang mahasiswa statistika, yaa memang tiap hari itu makanannya yaa. Udah kudu mesti harus bisa dong yaa! Kalau ini sih nggak perlu dikhawatirin. Nah, yang diluar itu tuh yang mesti kudu lebih keras lagi belajarnya. Apalagi yang matkulnya cuma sekali dua kali nongol di KRS, ini tantangan bener-bener tantangan belajar metopen.

 

Tenang-tenang, nggak seserem itu sih. Metodepen itu tuh matkul menyehatkan buat mahasiswa tingkat akhir yang lagi nyelesaiin skripsi atau tesis. Kok bisa? lah iya dong, itu skripsi sama tesis pastilah disusun dan ditulis nggak sembarang kan! Pastinya ada tuh aturan tulis menulis dan hitung menghitung hasil risetnya. Iya kan? iyalahh

 

Menyehatkan kalau dipelajari perlahan dan ditelan satu per satu, melainkan kita sering juga tuh nelen sekaligus ngelahapnya di menit-menit akhir. Hikss, bisa-bisa seret deh! Wuuhh..mesti sedia segelas air minum tuh.

 

Nah, makanya belajarnya mesti satu per satu dimulai dari yang mudah-mudah dulu lalu naik dikit-dikit baru wuzzz...Itu juga supaya yang pernah dipelajari nggak langsung hilang setelah dibaca. Yup, belajar nggak ada habisnya dimanapun itu. Mau lewat buku, youtube atau blog apapun bisa kok. Bisa juga lewat blog ini, nanti akan saya coba tuliskan satu per satu, tahap per tahap deh.

 

Dan yang mau agak dalem dikit harusnya dimulai dari sekarang, dicoba aja baca dulu artikel yang ini Pengertian Ilmu Statistik dan Tuntutan Masa Kini Terhadap Pemahaman Data

 

Semoga bermanfaat yaa . . .

0 respon24 dilihat


Memuat Komentar