Manfaat Mahasiswa Belajar Filsafat Ilmu
uakron.edu + bsdc.ac.uk

Manfaat Mahasiswa Belajar Filsafat Ilmu

Rabu, 17 Juni 2020

Filsafat ilmu diajarkan kepada para mahasiswa dengan alasan dan latar belakang yang melihat bahwa filsafat ilmu mempunyai kegunaan sebagai mata kuliah fondasi dalam membantu mengembangkan pola pikir mahasiswa.

 

Latar belakang filsafat ilmu diajarkan pada suatu program studi diantaranya dipandang bahwa filsafat ilmu mampu memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswanya tentang hakikat ilmu dalam kehidupan, ditinjau dari segi ontologi, epistemologi, dan aksiologi.

 

Filsafat ilmu juga dapat digunakan untuk mengembangkan diri sebagai ilmuwan maupun sebagai pendidik dengan penggunaan alternatif metodologi penelitian, baik pendekatan kuantitatif dan kualitatif maupun perpaduan kedua-duanya dalam konsentrasi bidang studi yang menjadi minat utama.

 

Filsafat ilmu dapat digunakan sebagai dasar pemikiran, perencanaan, dan pengembangan khususnya landasan keilmuan dan landasan pendidikan suatu program studi.

 

Pengembangan tersebut dapat memberikan perubahan cara pandang dalam menjalani kegiatan perkuliahan hingga berakhir di masyarakat. Sehingga seseorang akan lebih memahami tentang peran dan fungsinya di masyarakat dan menegaskan eksistensinya sebagai makhluk yang dapat berkontribusi dalam perkembangan kehidupan.

 

Berbagai latar belakang di atas kalau dilihat memang cukup penting, belum lagi kalau menengok bahwa mahasiswa yang mempelajari filsafat ilmu juga akan mendapatkan manfaat diantaranya:

  • Filsafat ilmu menjadikan ilmu sebagai objek kajiannya, sementara suatu prodi merupakan salah satu objek kajian ilmu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan mempelajari filsafat ilmu berarti secara tidak langsung juga mempelajari disiplin ilmu prodi itu sendiri.
  • Membantu dalam mengkaji lebih dalam sebuah teori disiplin ilmu (mengapa ada teori itu, untuk apa teori itu, bagaimana menerapkan teori, dll) dengan menggunakan pola berpikir kritis, radikal, dan sistematis.
  • Mendorong untuk mengembangkan teori yang sudah ada dan menyesuaikan penggunaannya sesuai masalah serta kepentingan lingkungan sekitar.
  • Membiasakan diri untuk menggunakan logika dalam berpikir, terutama dalam menyelesaikan masalah dan menemukan solusinya
  • Membantu mengukur kemampuan diri sendiri untuk kemudian digunakan dalam memperhatikan pandangan pribadi dan pandangan orang lain.
  • Membiasakan diri untuk bersikap logis-rasional dalam opini & argumentasi yang dikemukakan.
  • Mengembangkan semangat toleransi dalam perbedaan pandangan.
  • Menghindari kesombongan yang memandang diri kita sendiri berada di atas kebenaran dan merasa lebih di atas orang lain.

Sebenarnya untuk mempelajari filsafat ilmu tidak harus menjadi mahasiswa, masyarakat umum pun juga dipersilakan jika ingin belajar. Meskipun dalam praktiknya, filsafat ilmu dibakukan dalam suatu mata kuliah yang seringkali diajarkan pada semester pertama. Alasannya bukan lain karena penting bagi mahasiswa mempunyai fondasi pola pikir sebelum ia memasuki pemahaman baru yang lebih mengerucut pada disiplin ilmunya.

 

Oleh karena itu seorang mahasiswa juga harus mampu memahami titik temu serta perbedaan filsafat dan ilmu saat ia mulai menggali pengetahuan-pengetahuan disiplin keilmuannya.

0 respon19 dilihat


Memuat Komentar