Filsafat Ilmu: Pengertian, Persamaan, Perbedaan
iai.tv + lawliberty.org

Filsafat Ilmu: Pengertian, Persamaan, Perbedaan

Selasa, 16 Juni 2020

Konsep filsafat Ilmu melalui hubungan pengetahuan, ilmu, dan filsafat dapat dipahami sebagai segala usaha manusia dalam upaya mengilmiahkan hasil dan proses kehidupan melalui dukungan eksistensi keilmuan.

 

Filsafat ilmu adalah bagian dari epistemologi yang membahas pengetahuan ilmiah atau keilmuan. Filsafat ilmu mempunyai objek yaitu ilmu pengetahuan itu sendiri. Bukan sekedar metodologi penelitian dan tata cara penulisan naskah ilmiah.

 

Filsafat ilmu mempunyai tiang-tiang penyangga bagi eksistensi ilmu, yaitu ontologi yang menerangkan apa hakikat ilmu itu: epistemologi yang menerangkan bagaimana cara dan sarana yang dapat dipergunakan untuk memperoleh pengetahuan; dan aksiologi yang menerangkan ukuran nilai, kemana pengetahuan itu kita kembangkan.

 

Pengetahuan adalah hasil proses dari usaha manusia untuk tahu atau apa yang diketahui atau hasil pekerjaan tahu.

 

Ilmu pada prinsipnya adalah usaha untuk mengorganisasikan dan mensistematisasikan common sense, suatu pengetahuan yang berasal dari pengalaman dan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari, namun dilanjutkan dengan suatu pemikiran secara cermat dan teliti dengan menggunakan berbagai metode.

 

Filsafat adalah pencarian akan kebenaran dengan pertolongan fakta–fakta dan argumentasi–argumentasi tanpa memerlukan kekerasan dan tanpa mengetahui hasilnya terlebih dahulu, dengan kata lain filsafat tidaklah lain dari pada pengetahuan tentang segala yang ada.

 

Berbagai pengertian di atas seringkali mengalami pertentangan satu sama lain, khususnya antara filsafat dan ilmu. Beberapa orang cenderung menanyakan titik temu atau persamaan filsafat dan ilmu, sedangkan lainnya menanyakan mengenai perbedaan filsafat dan ilmu. Oleh karena itu, saya merasa perlu menambahkan penjelasan mengenai persamaan perbedaan filsafat dan ilmu.

 

Persamaan filsafat dan ilmu

  • Menggunakan metode–metode reflective thinking di dalam menghadapi fakta–fakta dunia dan hidup ini.
  • Menunjukan sikap kritis dan terbuka, dan memberikan perhatian yang tidak berat sebelah terhadap kebenaran.
  • Tertarik terhadap pengetahuan yang terorganisir dan tersusun secara sistematis.
  • Ilmu memberi filsafat sejumlah bahan–bahan deskriptif dan faktual serta esensial bagi pemikiran filsafat.
  • Ilmu mengoreksi filsafat dengan jalan menghilangkan sejumlah ide–ide yang yang bertentangan dengan pengetahuan yang ilmiah.
  • Filsafat merangkum yang terpotong–potong, yang menjadikan bermacam–macam ilmu dan berbeda–beda, dan menyusun bahan–bahan tersebut ke dalam suatu pandangan tentang hidup dan dunia yang lebih menyeluruh dan terpadu.


Perbedaan filsafat dan ilmu

  • Ilmu adalah anak filsafat, sedangkan filsafat adalah induk ilmu.
  • Ilmu menggunakan pendekatan analitis dan deskriptif, sedangkan filsafat sintesis atau sinoptis, berhubungan dengan sifat – sifat dan kualitas alam dan hidup secara keseluruhan.
  • Ilmu menekankan fakta-fakta untuk melukiskan objeknya, bersifat netral dan mengabstrakan faktor keinginan dan penilaian manusia, sedangkan filsafat bukan saja menekankan keadaan sebenarnya dari obyek, melainkan juga bagaimana seharusnya obyek itu.
  • Ilmu memulai sesuatu dengan memakai asumsi-asumsi, sedangkan filsafat memeriksa dan meragukan segala asumsi.
  • Ilmu menggunakan metode eksperimen yang terkontrol sebagai cara kerja dan sifat terpenting, menguji sesuatu dengan menggunakan penginderaan, sedangkan filsafat menggunakan semua penemuan ilmu pengetahuan, menguji sesuatu berdasarkan pengaalaman dengan memakai pikiran.

Aku kira cukup ya penjelasan di atas, ada 6 persamaan dan 5 perbedaan filsafat dan ilmu. Seberapa pun banyaknya persamaan perbedaan filsafat dan ilmu, keduanya seperti tak dapat saling berpisah karena memang harus saling melengkapi.

0 respon46 dilihat


Memuat Komentar