Konsep Menyeluruh Persamaan Perbedaan Kebijakan Moneter dan Fiskal
sindonews.com + liputan6.com

Konsep Menyeluruh Persamaan Perbedaan Kebijakan Moneter dan Fiskal

Minggu, 11 Agustus 2019

Pembelajaran dengan materi “kebijakan moneter dan fiskal” diawali dengan memahami peta konsep terlebih dahulu. Melalui peta konsep kebijakan moneter dan fiskal kita dapat mengetahui secara singkat persamaan perbedaan kebijakan moneter fiskal. Persamaannya yaitu keduanya memiliki tujuan utama untuk mencapai kondisi ekonomi yang lebih baik. Kondisi ekonomi siapa? ya kondisi ekonomi negara dong!

 

Setelah kita mengetahui tujuan utama dari dua kebijakan tersebut, saatnya kita melihat secara rinci profil masing-masing kebijakan. Namun, sebelum lebih jauh lagi mengenal profil kedua kebijakan, kita akan mengawali terlebih dahulu untuk mengenal profil dari kebijakan moneter dengan melihat peta konsep di bawah ini.

 

Kalau kita perhatikan peta konsep di atas, maka dapat diketahui perbedaan kebijakan moneter dan fiskal yaitu:

 

Kebijakan moneter
Kebijakan moneter berfungsi mengatur jumlah uang beredar. Agar tugasnya bisa berjalan dengan baik, maka perlu alat/instrumen yang dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas tersebut. Beberapa instrumen kebijakan moneter yaitu: operasi pasar terbuka, politik diskonto, politik cadangan kas, pengawasan kredit selektif, imbauan moral, dan devaluasi/revaluasi. Urain lebih detail dapat dibaca pada artikel Menyimpulkan Pengertian Kebijakan Moneter Pakar dan Ahli Ekonomi.

 

Kebijakan fiskal
Kebijakan fiskal berfungsi mengatur APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). Agar tugasnya bisa berjalan dengan baik, maka memerlukan alat/instrumen seperti halnya pada kebijakan moneter. Ada tiga instrumen kebijakan fiskal, yaitu: pajak, pinjaman publik, dan belanja negara. Uraian lebih detail dapat dibaca pada artikel Menyimpulkan Pengertian Kebijakan Fiskal Para Pakar dan Ahli Ekonomi.

 

Nah, ini lho gambaran keseluruhan materi “kebijakan moneter dan kebijakan fiskal”, jadi sekarang sudah tahu kan apa itu kebijakan moneter dan fiskal? ditambah lagi macam-macam instrumen kebijakan yang digunakan untuk mendukung tugas kedua kebijakan juga sudah bang emon sebutkan singkat tadi.

 

Gambaran besarnya sudah ditangkap kan? Nah, sekarang saatnya masuk ke gambaran kecil puzzle puzzle yang lebih detail. Selanjutnya bang emon akan pecah-pecah masing-masing jenis kebijakan beserta tujuan dan instrumennya supaya lebih mudah dipahami. Tapi bukan disini jon, di artikel berikutnyaa yaa bakal abang tulis.

0 respon666 dilihat


Memuat Komentar