4 Manfaat Menghitung Pendapatan Nasional
shu.edu + nairametrics.com

4 Manfaat Menghitung Pendapatan Nasional

Kamis, 18 Juni 2020

Kondisi suatu negara dalam suatu waktu tertentu dapat diketahui melalui laporan pendapatan nasional yang dimilikinya, sehingga penting bagi tiap negara untuk mempublikasikan hasil perhitungan pendapatan nasionalnya.

 

1. Mengetahui Struktur Perekonomian
Penghitungan pendapatan nasional menyumbang informasi penting untuk mengkategorikan sektor-sektor perekonomian di suatu negara. Misalnya saja diketahui bahwa negara tersebut disokong oleh sektor industri, pertanian, pertambangan, dan jasa. Ditambah agi dengan persentase kontribusi masing-masing sektor dalam perekonomian akan memudahkan pemerintah menyusun peta perekonomian nasional dan daerah.

 

2. Membandingkan Perekonomian Antar Waktu
Setiap tahun data pendapatan nasional suatu negara diterbitkan, sehingga dapat digunakan untuk membandingkan kemajuan negara dari berbagai sektor dengan melihat data pendapatan nasional tahun sebelumnya. Perbandingan data antar tahun dilakukan untuk mendapatkan:

  • besaran kenaikan atau penurunan perekonomian
  • gambaran struktur ekonomi, terjadi perubahan atau tidak
  • deskripsi perubahan kemakmuran, kenaikan atau pengurangan
  • kenaikan atau penurunan pendapatan per kapita

 

3. Membandingkan Perekonomian Antarnegara dan Antardaerah
Angka-angka pada data pendapatan nasional seringkali digunakan sebagai data cerminan, artinya angka tersebut dibandingkan dengan lokasi lain. Pemerintah Indonesia secara rutin mengeluarkan data-data yang bisa digunakan untuk melihat besaran pendapatan tiap daerah baik antar provinsi maupun antar kabupaten/kota. Antar negara pun informasi bisa terbuka untuk diakses, sehingga antara negara satu dan negara lain bisa saling melihat dimana keunggulan dan kelemahannya.

 

4. Merumuskan Kebijakan
Kegunaan penghitungan pendapatan nasional sebagai tumpuan dalam memprediksi masa depan akan sanat membantu pemerintah dalam menentukan kebijakan yang tepat untuk mencapai target tahunan. Istilahnya, sebagai proyeksi deh jadi kalau pemerintah ingin mencapai pertumbuhan produk nasional bruto pada kisaran 5% maka harus dirinci sektor-sektor yang harus diperhatikan lebih serius.

 

Oleh karena, dengan dimiliki informasi dari tahun sebelumnya akan memudahkan pemerintah dalam mengalokasikan besaran anggaran dan rencana kebijakan yang akan dibuat. Misalnya diketahui bahwa sektor pertanian menyumbang 10%, sektor pertambangan 15%, dan sektor industri 11%. Maka ditahun depan, pemerintah perlu mengeluarkan kebijakan yang sesuai untuk mencapai target pertumbuhan 5%.

 

Pengetahuan terhadap konsep pendapatan nasional sangatlah penting manakala ingin mengetahui kegunaan lain dari hasil hitung pendapatan nasional. Sebab hitungan yang disajikan tidak hanya menggunakan istilah-istilah umum melainkan juga memakai kosa kata ekonomi semacam PDB,PNB, dan berbagai istilah pendapatan lainnya.

0 respon44 dilihat


Memuat Komentar